Usai lomba, perlu rawatan khusus

Burung sehabis lomba biasanya kelelahan, sekalipun burung tersebut keluar sebagai juara. Berbeda dari burung tipe petarung seperti murai batu, kacer, dan cendet, kelelahan pada cucakrawa biasanya lebih disebabkan terkurasnya energi untuk bersuara. Sedangkan pada burung petarung, kelelahan ini juga bisa bersifat psikis (mental).

pasca-lomba

Dari sini bisa disimpulkan, perawatan cucakrawa setelah mengikuti lomba / latber sebenarnya relatif lebih mudah daripada burung tipe fighter. Meski demikian, kita tetap harus berhati-hati menangani hal ini.

Tujuan utama perawatan tentu saja memulihkan stamina atau kondisi fisiknya. Berikut ini perawatan dan setelan burung cucakrawa usai berlomba :

  • Porsi pemberian extra fooding dikembalikan ke setelan / perawatan harian.
  • Berikan multivitamin dan multimineral khusus burung, misalnya BirdVit atau BirdMineral, yang dilaurtkan dalam air. Pemberian multivitamin dan multimineral dilakukan pada H+1 atau sehari setelah lomba.
  • Selama 1-3 hari setelah lomba, cucakrawa jangan terlalu lama dijemur. Usahakan lama jemur sekitar 30 menit saja.
  • Setelah melewati tiga hari pertama, semua perawatan kembali kepada setelan harian.

Semoga bermanfaat.

Shortlink:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>