Mengatasi cucakrawa macet bunyi menggunakan metode kerekan

Menilik sejarahnya, cucakrawa dianggap burung mewah karena suaranya yang keras dan kencang, sehingga dapat terdengar dari jarak cukup jauh, dan bisa menjadi simbol status sosial bagi pemiliknya. Tetapi bagaimana jika burung kebanggaan itu tiba-tiba macet bunyi? Ikuti tips dan trik berikut ini.

CR-karakter1

Ada beberapa faktor penyebab cucakrawa macet bunyi, dan yang paling umum adalah burung dalam kondisi stres. Terapi kerekan yang diperkenalkan Om Jasmin dalam forum kicaumania.or.id mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi cucakrawa macet bunyi akibat stres. Caranya sederhana:

  • Buatlah tiang gantangan, dengan sistem tali dan kerekan, sebagaimana biasa dilakukan untuk menggantang burung perkutut. Tinggi tiang, setelah bagian dasarnya dimasukkan dalam lubang tanah, cukup 4 meter saja.
  • Usahakan di dekat tiang ada pepohonan rindang, agar burung tidak kepanasan.
  • Gantangkan sangkar burung cucakrawa yang macet bunyi sepanjang hari, selama beberapa hari  sampai ia terdengar berkicau kembali.
  • Burung yang sembuh dari stres biasanya akan memiliki kicauan lebih bagus melalui terapi ini. Mengapa? Sebab cucakrawa berkesempatan seperti hidup di alam bebas. Ketika ia mendongak ke atas, pandangan mata akan tertuju ke langit biru, juga pepohonan rindang.

 

Hasil lebih baik dan lebih cepat akan Anda peroleh, apabila sebelum digantang, burung diterapi dulu dengan BirdTwitter (produk Om Kicau). Apabila cucakrawa biasa dipegang, cukup berikan 2-3 tetes langsung ke paruhnya, kemudian sangkar digantung di tiang kerekan.

Jika burung tidak terbiasa dipegang, larutkan 5 tetes BirdTwitter ke dalam 30-50 ml (setara dengan wadah air minum untuk burung ukuran tanggung). Bisa juga mengoleskan 3 tetes ke kroto atau buah. Pemberian ini bisa dilakukan selama 3-4 hari berturut-turut.

Kombinasi terapi kerekan dan obat biasanya akan memberikan hasil maksimal sekitar 4-7 hari, tergantung dari tingkat stres yang dialami burung.

 

Macet bunyi akibat faktor lain

Namun perlu diingat, tidak semua macet bunyi disebabkan burung mengalami stres. Sangat mungkin pula cucakrawa macet bunyi karena beberapa faktor berikut ini:

  • Mental drop setelah mengikuti lomba / latber, baik juara maupun kalah. Burung juara juga bisa drop mental setelah lomba, karena energinya terkuras habis. Jika itu terjadi pada CR Anda, terapi kerekan perlu dikombinasi dengan BirdShout (produk Om Kicau).
  • Selama dan sehabis mabung, cucakrawa juga sering macet bunyi akibat perawatan mabung yang tidak tepat. Jika Anda mengalami kasus seperti ini, terapi kerekan bisa dikombinasi dengan BirdMolt-Post (produk Om Kicau).

Semoga bermanfaat.

Shortlink:

2 Responses to Mengatasi cucakrawa macet bunyi menggunakan metode kerekan

  1. heppy surabaya

    Malam om,salam kenal sebelumnya sy mau tanya om tlg dibantu sarannya.sy br seminggu beli cucakrowo muda hutan jns lampung betina.yg mau sy tanyakan apa betina jg suaranya bs enak didengar?trus gmn resepnya agar CR sy cepet bunyi.tris atas sarannya

  2. Malam om,salam kenal sebelumnya sy mau tanya om tlg dibantu sarannya.sy br seminggu beli cucakrowo muda hutan jns lampung betina.yg mau sy tanyakan apa betina jg suaranya bs enak didengar?trus gmn resepnya agar CR sy cepet bunyi.trims atas sarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>