Melatih cucakrawa muda

Melatih burung cucakrawa idealnya dilakukan sejak muda, karena memorinya masih bagus, hasilnya pun bisa lebih optimal. Berikut ini beberapa hal mesti diketahui untuk melatih cucakrawa muda :

  • Usahakan sangkar yang dipakai bukan sangkar mentahan (belum dicat), agar kepala dan bulu tidak rusak akibat menabrak jeruji sangkar.
  • Usahakan agar cucakrawa muda selalu mendengarkan lagu dan irama kicau dari cucakrawa yang sudah jadi. Lebih bagus lagi jika pernah menjadi juara. Untuk lebih mudahnya, gunakan kaset rekaman burung cucakrawa juara.
  • Dapat pula digunakan master dari jenis burung trucukan. Karena burung ini memiliki banyak persamaan, baik bentuk maupun irama/nada kicaunya, hanya suaranya saja lebih kecil. Kelebihan trucukan adalah memiliki banyak lagu ganda yang kini banyak digemari dan sering menang dalam lomba.

cucakrawa4

  • Agar cucakrawa muda tidak takut, jangan didekatkan dengan burung yang sudah mapan dan berkicau dengan keras. Jika perlu biarkan, burung muda ini mendengarkan kicauannya saja, tanpa melihat burungnya.
  • Setelah beberapa waktu dan burung terlihat makin pandai dan mentalnya bertambah kuat, bolehlah didekatkan dengan burung yang sudah bagus, agar dia terbiasa dan berani berkicau bersahut-sahutan seperti di arena lomba. Tanpa latihan yang baik, burung yang sudah rajin berkicau dan kualitasnya bagus pun belum tentu berani unjuk suara di arena lomba.

Semoga bermanfaat.

Shortlink:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>